Labels

About me

Monday, January 10, 2011

Komponen Laptop yang Wajib Diperhat

Quantcast
Seiring berjalannya teknologi, sudah mulai banyak komponen untuk laptop yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi, selain bisa membuatnya menjadi lebih portable, suara yang bisa dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.
Berikut ini adalah komponen-komponen yang wajib diperhatikan.
Processor
Processor adalah otaku tama sebuah computer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh computer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen utama yang wajib diperhatikan. Processor diukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka tersebut menentukan berapa cepat processor itu menangani instruksi dalam cyle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi, bila processor Anda memiliki dua core, maka secara teori sama seperti menggunakan dua buah processor dalam satu computer.
Saat ini, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis Core 2 baik Extreme maupun Duo berada di paling atas dalam urusan performa, baru di ikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Disitus www.tomshardware.com/charts/mobile-cpu-charts/benchmarks,19.html. Anda bisa melihat hasil komparasi antara kedua processor tersebut.(i-more)

Memory
memorySaat ingin membeli notebook, pasti kita ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaannya adalah ” apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukup “ Cukup tidaknya kapasitas memory, bisa diukur dari penggunaan Operating System dan jenis aplikasi yang nanti akan dipakai. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkan memory minimal 512 MB. Maka carilah notebook yang memiliki memory setidaknya 1GB. Karena jika system mengalami kekurangan memory, maka ia akan memanfaatkan harddisk sebagai memory. Dan itu bisa memperlambat performa computer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin bagus. Tidak seperti processor yang tidak bisa di upgrade, memory pada laptop bisa di tambah kemudian hari.
Harddisk
harddiskSaat ini, ada dua jenis media penyimpanan yaitu harddisk dan SSD (Solid State Drive). Bila bicara masalah keunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk tradisional yang biasa kita pakai. Namun harga SSD saat ini masih sangat mahal. Oleh karena itu Laptop sekarang masih menggunakan harddisk.
Untuk kapasitasnya sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video,musik dan foto, maka carilah harddisk berkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seandainya tidak besar pun tidak menjadi masalah, sebab saat ini sudah banyak harddisk portable berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu, harddisk bisa di upgrade kemudian hari.
Video Card
Video Card Integrated2Ada dua jenis Video Card yaitu integrated dan dedicated. Video Card integrated adalah video card yang memorynya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated menggunakan memory sendiri. Untuk performanya, jelas lebih bagus yang dedicated. Oleh karena itu video card dedicated lebih bagus dipakai untuk penggunaan game. Tapi bukan berarti yang integrated tidak bisa dipakai game. Tetap bisa, Cuma performanya akan loyo bila dipakai untuk menjalankan game-game berat. Di situs www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU. (PC Media)


0 comments:

Post a Comment